Rabu, 28 Maret 2012

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                              :     MTs Al Hidayah Karangrayung
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                   :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                   :     4 X 40’

Standar Kompetensi         :     1.     Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar           :     1.1   Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuan-nya.

Tujuan Pembelajaran       :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Menjelaskan pengertian besaran dan satuan.
                                                2.     Mengelompokkan besaran pokok dan besaran turunan.
                                                3.     Menggunakan Satuan Internasional sesuai dengan besaran yang diukur dalam pengukuran dengan Ketelitian ( carefulness).
                                                4.     Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu terhadap hasil pengukuran.
                                                5.     Memecahkan masalah yang berkaitan dengan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.

v      Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :     Besaran dan Satuan

Metode Pembelajaran      :     Model
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah semua gejala alam termasuk ke dalam besaran?
            -     Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan besaran dan satuan?
            -     Apakah Satuan Internasional?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah dalam membaca skala mistar.

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  •      Menjelaskan pengertian besaran dan satuan
  •      melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan  dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  •      menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  •      memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  •      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  •      memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan secara Disiplin ( Discipline ) dan bertanggung jawab ( responsibility ) serta memiliki ketelitian ( carefulness)

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Secara kelompok, peserta didik mendiskusikan pengertian besaran dan klasifikasinya, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok meng-komunikasikannya.
F     Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Setiap kelompok diberi tugas untuk mengukur panjang dan lebar meja guru dengan jengkalnya masing-masing dan mistar plastik.
F     Peserta didik secara berkelompok melakukan pengukuran panjang dan lebar meja guru dengan jengkalnya masing-masing dan mistar plastik.
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            Secara klasikal guru memberi pertanyaan; apakah manfaat Satuan Internasional?
      .     Prasyarat pengetahuan
            Peserta didik diminta untuk menyebutkan satuan untuk besaran panjang, waktu dan massa.

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Guru memberikan informasi cara mengkonversikan satuan dengan memakai tangga konversi dimana setiap kali turun 1 anak tangga dikali 10, sedangkan jika naik dibagi 10.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melalui diskusi kelas, guru memberikan informasi tentang Satuan Internasional dari besaran pokok dan besaran turunan.
F     Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas untuk menuliskan beberapa contoh penyajian hasil pengukuran, kemudian mengkonversikannya ke dalam Satuan Internasional.
F     Guru memberikan contoh soal latihan cara mengkonversi satuan panjang dengan menggunakan tangga konversi.
F     Peserta didik diminta untuk menyebutkan beberapa hasil pengukuran yang biasa mereka temui dalam kehidupan sehari-hari, kemudian mengkonversikannya ke dalam Satuan Internasional.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal tentang besaran dan satuan

Sumber Belajar
a.   Buku IPA
b.   Buku kerja
c.   Lingkungan sekitar
d.   Alat ukur

Penilaian    :              
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§     Mengidenti-fikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari lalu mengelompok-kannya dalam besaran pokok dan besaran turunan.
§     Mengguna-kan Satuan Internasio-nal dalam pengukuran.
§     Mengkon-versi satuan panjang, massa dan waktu secara sederhana.
§     Mengguna-kan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.
Tes tertulis
Tes uraian
a.   Berikan contoh Besaran Fisika dalam kehidupan

b.   Jelaskan dengan singkat Apa yang dimaksud Satuan Internasional

    c.   Konversikan macam macam satuan secara sederhana

                                                                                                       
                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala madrasah



( A. ZAKI IQBAL, S.Hi )
NIP/NIK :

Karangrayung, 4 Januari 2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



( YANU CARI ADI, S.Pd )
NIP/NIK :
                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar